Hidangan Anti Inflamasi Terbaik

76 Hidangan Anti Inflamasi TerbaikHidangan Anti Inflamasi Terbaik adalah beberapa tipe hidangan yg bisa kalian coba untuk meredakan dan meredakan efek dari inflamasi.

inflamasi (inflamasi) adalah respons badan akan masalah kesehatan. Bila tidak segera ditangani, badan dapat mengalami inflamasi kronis. Untungnya, ada hidangan untuk meredakan inflamasi. Lantas, apa saja hidangan anti peradangan yg perlu diketahui?

inflamasi yakni keadaan ketika kekebalan badan merespons kerusakan di sel-sel yg tadinya. Ada banyak keadaan yg menandakan inflamasi, seperti kemerahan, sendi bengkak, hingga nyeri. Baca juga: Beberapa Hidangan Perusak badan

Hidangan Enak Dan Berfungsi Sebagai inflamasi Terbaik

inflamasi dapat diobati dengan memanfaatkan zat kimia yg disebut anti peradangan. Selain dijumpai di obat-obatan, Kalian dapat mendapatkan zat tersebut melalui hidangan. Berikut ini adalah daftar hidangan anti peradangan yg dapat Kalian manfaatkan.

1. Ikan

Salah satu hidangan anti peradangan yg paling mudah dijumpai yakni ikan. Saat Kalian makan ikan, beraneka zat nutrisi seperti asam lemak O-3s turut masuk ke dalam badan. Asam lemak O-3s dapat menjadi zat yg dapat melawan inflamasi.

Ikan mengandung asam eicosapentaenoic (EPA) dan docosahexaenoic (DHA) yg termasuk tipe asam lemak O-3s dan diklaim bisa menghambat inflamasi, terutama di penderita arthritis.

tipe O-3s tersebut bisa mencegah inflamasi sebelum menjalar ke sel-sel lainnya. Bahkan, asam lemak esensial tersebut bisa mencegah masalah kesehatan jantung dengan cara merendahkan kadar trigliserida dan tekanan darah.

Beberapa sumber O-3s yg berasal dari ikan dan rendah merkuri antara lain:

  • ikan salmon,
  • ikan sarden,
  • lalu ikan herring,
  • ikan teri, dan
  • ikan tuna.

2. Buah beri

Selain daging ikan, konon katanya buah beri merupakan salah satu jenis buah yg memiliki properti sebagai anti peradangan yg harus kalian coba dan buktikan.

zat Anti Oxidant tersebut mempunyai efek anti peradangan yg bisa meredakan risiko masalah kesehatan. Hal tersebut telah dibuktikan lewat research dari Applied physiology, nutrition, and metabolism.

Research tersebut melaporkan bahwa orang yg menyantap blueberry secara teratur setiap harinya memiliki jumlah sel NK jauh lebih banyak jika di bandingkan mereka yg tidak memakan blueberry secara teratur.

Sel NK yakni sel pembunuh alami yg dihasilkan badan dan berfungsi menjaga fungsi sistem kekebalan badan. Artinya, hal tersebut juga memengaruhi efek inflamasi di badan.

3. Kacang-kacangan

beraneka kacang-kacangan menjadi sumber lemak tak jenuh yg baik untuk badan, termasuk melawan inflamasi. KEnapa begitu?, ternyata berbagai macam kacang memiliki asalm alfa linolenat yg memiliki tipe asam lemak O-3s yg di yakinin memiliki sifat inflamasi

Sebagai contoh, kacang kenari mempunyai kadar O-3s tertinggi. Terlebih lagi, para ahli menemukan bahwa kenari menolong merendahkan protein C-reaktif (CRP).

Protein tersebut adalah penanda inflamasi yg terkait dengan risiko masalah kesehatan kardiovaskular dan artritis. Selain kenari, tipe kacang-kacangan lain yg dapat Kalian konsumsi yakni:

  • almond,
  • pistachio, serta
  • biji chia (chia seed)

4. Brokoli

Dikenal sebagai sayuran dengan kadar zat nutrisi tinggi, brokoli ternyata termasuk Hidangan Anti Inflamasi Terbaik yg dapat Kalian coba. Brokoli adalah sayuran krulcifer yg dianggap bisa merendahkan risiko masalah kesehatan jantung dan kanker.

Brokoli memiliki zat suilforaphane yg berfungsi sebagai zat anti oxidant yg bertugas untuk melawan inflamasi dengan cara merdakan kadar sitoksin dan juga inflamasi NF-kB. Keduanya adalah pemicu inflamasi badan yg dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Selain brokoli, terdapat berbagai macam jenis sayuran berwarna hijau yg bisa kalian makan sebagai penahan inflamasi seperti:

  • kale,
  • bayam,
  • wasabi, dan
  • kol Brussell

5. Alpukat

Dianggap sebagai superfood, buah alpukat dianggap menyehatkan jantung. Tak hanya itu, buah berwarna hijau tersebut mempunyai zat yg bisa meredakan inflamasi di sel kulit.

Research yang di lakukan oleh food & function melaporkan bahwa buah alpukat memiliki zat yang berfungsi terhadap inflamasi. Menurut orang ahli, melaporkan bahwa orang yang mengkonsumsi alpukat bersamaan dengan hamburger akan memiliki inflamasi jauh lebih rendah, terutama untuk inflamasi NF-kB dan juga IL-6.

Hal tersebut dibandingkan dengan peserta yg hanya makan hamburger tanpa tambahan potongan alpukat. Itu sebabnya, Kalian dapat mencoba berbagai kreasi alpukat yg sehat agar kesehatan badan tetap terjaga.

6. Bawang putih

Berkat kadar dialil disulfida di dalamnya, bawang putih dipercaya bisa menghambat inflamasi. Dialil disulfida adalah zat anti inflamasi yg bisa membatasi efek sitokin pro-inflamasi.

7. Teh hijau

di dasarnya, teh hijau hampir mirip dengan teh hitam (black tea). Sama seperti teh hitam, teh hijau kaya akan zat polifenol yakni epigallocatechin-3-gallate (EGCG). EGCG mempunyai sifat anti peradangan yg menolong meredakan tanda masalah kesehatan radang usus, seperti masalah kesehatan Crohn dan kolitis ulseratif.

Temuan tersebut telah dilaporkan melalui research yg dimuat dalam jurnal Inflammatory bowel diseases. Meski bermanfaat, Kalian perlu berhati-hati ketika minum teh hijau karena kadar kafeinnya dapat mengganggu kualitas tidur.

8. Jamur

Hanya sedikit jamur yg dapat dikonsumsi dan menawarkan manfaat bagi kesehatan. Walau begitu, jamur yang terkenal dengan nama truffle dan juga shitake menjadi salah satu jamur yg di percaya memimliki anti oxidant dan juga fenol yang mampu memberikan kalian zat anti flamasi.

Yang di sayangkank menurut penelitian dari food chemistry mengatakan dimana makan dengan menggunakan bahan-bahan jamur tidak memiliki efek yang di harapkan, karena proses pemasakan jamur memerlukan proses rumit agar zat anti flamasi tersebut tidak menghilang.

Beberapa ahli menyarankan untuk memakan jamur dalam keadaan mentah atau dimasak sebentar agar tidak kehilangan zat Anti Oxidant di dalamnya

9. Kunyit

Dengan rasa yg kuat, kadar kurkumin di kunyit diklaim mempunyai zat anti inflamasi yg kuat. Kenyataanya, dengan mengkonsumsi kurkumin sebanyak 1 gram setiap hari dan di gabungkan dengan piperin yang bisa kita peroleh dari lada hitam akan mampu merendahkan Inflamasi CRP. Hal tersebut terlihat di orang dengan sindrom metabolik.

Berdasarkan dari Jurnal Clinical Nutrition mendukung klaim yang mengatakan bahwa rempah kunyit akan dapat membantu terjadinya masalah kesehatan yang terjadi seperti diabetes dan juga arthritis.

10. Dark chocolate

Kebanyakan makan coklat dapat menimbulkan masalah kesehatan. Akan tetapi, kalian memiliki pilihan untuk coklat seperti apa saja yg ini kaliain makan, tetapi tentunya tidak boleh berlebihan, karena segala sesuatu yg berlebihan akan berdampak buruk untuk kesehatan kita.

Hal tersebut dilaporkan di studi yg dimuat dalam International journal of preventive medicine. Meski begitu, mereka berpendapat diperlukan research lebih lanjut untuk mengetahui dosis dark chocolate yg tepat untuk melihat manfaatnya.

Ada beraneka hidangan anti peradangan lain yg dapat Kalian peroleh dengan mudah, seperti tomat dan beraneka buah-buahan. Diskusikan dengan dokter atau ahli nutrisi apakah daftar hidangan di atas cocok dengan keadaan kesehatan saat itu.

Dan itulah pembahasan tentang Hidangan Anti Inflamasi Terbaik yg bisa menolong badan kita untuk merendahkan efek dan tanda dari inflamasi.