Tentang Kami

Pentingnya Dokter dalam Masyarakat, Sebelum penemuan obat modern, kehidupan manusia hanya sebentar. Lingkungan penuh dengan bahaya yang tak terlihat dalam bentuk penyakit dan kondisi medis.

Kemudian praktik medis berubah menjadi profesi yang terorganisir, dan manusia mengalami peningkatan kualitas hidup yang signifikan. Dibantu oleh inovasi ilmiah modern, batas-batas teknologi medis meluas ke batas yang tak terbayangkan.

Namun demikian, bahkan dengan semua inovasi teknologi ini, posisi dokter di masyarakat tidak berkurang; dokter tetap sangat diperlukan.

Pentingnya Dokter dalam Lingkungan Masyarakat

Menyelamatkan Nyawa

Dalam keadaan tertentu, seorang dokter dapat berarti perbedaan antara hidup dan mati. Korban kecelakaan dan kejahatan kekerasan dan tentara yang terluka di medan perang mengetahui hal ini karena hidup mereka bergantung pada keterampilan ahli bedah trauma. Orang-orang yang menderita luka kritis membutuhkan dokter untuk merawat mereka dengan cepat karena menunda pengobatan bisa berarti kematian.

Memperpanjang Hidup

Dokter bertanggung jawab atas peningkatan harapan hidup dan peningkatan kesejahteraan di masyarakat. Orang yang selamat dari penyakit seperti kanker biasanya berutang kelangsungan hidup mereka kepada dokter, yang keterampilan dan dedikasinya sangat penting untuk penyembuhan mereka. Teknologi medis modern ditambah dengan perawatan berita dokter dapat memberikan harapan hidup lebih lama bagi orang yang didiagnosis dengan penyakit terminal.

Pekerjaan Kemanusiaan

Dokter melakukan pekerjaan kemanusiaan di masyarakat. Beberapa kelompok advokasi tentang masalah kesehatan, seperti hipertensi dan kanker. Menarik keanggotaan dari profesi medis dan membantu menyebarkan informasi tentang cara menghindari apa yang disebut penyakit gaya hidup. Dokter dapat bekerja sebagai sukarelawan dalam misi mulai dari memberikan perawatan kepada korban bencana hingga melatih tenaga medis di negara berkembang.

Mengendalikan Epidemi dan Melakukan Penelitian

Ketika wabah penyakit terjadi, informasi yang diberikan oleh dokter dapat membantu mengatasi epidemi. Mereka juga memeriksa penyebaran penyakit dengan memperingatkan masyarakat tentang faktor-faktor – seperti kebersihan yang buruk dan perilaku berisiko – yang menyebarkan penyakit. Dokter juga bekerja sama dengan peneliti untuk menemukan obat baru untuk penyakit, menjalankan tes obat pada pasien yang menyetujui.

Pentingnya Ilmu Kedokteran

Saya ingat salah satu kali pertama saya di ruang bersalin dengan seorang pasien dan pasangannya. Tim dokter kami sedang menjelaskan beberapa patologi yang terjadi pada pasien kami dan saya hanya bisa melihat ekspresi kosong di wajah mereka saat kami mencoba yang terbaik untuk menyederhanakan informasi. Kemudian saya memikirkan semua sumber daya berbeda yang saya ketahui dari internet penuh dengan gambar dan definisi yang dapat diakses oleh pasien saya begitu kami keluar dari ruangan.

Pengetahuan medis adalah alat penting yang harus tersedia untuk pasien kami. Informasi berbasis bukti yang andal dapat berdampak pada keputusan yang dibuat oleh pasien kami dan memberdayakan mereka untuk mengendalikan kesehatan mereka. Hanya mengetahui perawatan pencegahan apa yang diperlukan selama berbagai tahap kehidupan terhadap efek samping obat yang dikonsumsi seseorang setiap hari dapat membantu pasien terlibat dalam proses pengambilan keputusan saat mereka masuk ke kantor kami.

Apalagi sekarang, di masa social distancing dan pandemi global. Janji temu seringkali terlewatkan, pasien mangkir, dan banyak kondisi medis penting dibiarkan semakin memburuk. Tetapi jika pasien memiliki akses ke dan mengetahui pengetahuan medis yang dapat membimbing mereka ketika mereka tidak dapat mengunjungi dokter, itu dapat membuat perbedaan dunia dalam keadaan kesehatan mereka.

Jadi sebagai sesama dokter, saya mendorong Anda, terlepas dari tahap apa Anda berada dalam karir medis Anda untuk meluangkan waktu dan memberdayakan pasien Anda dengan membagikan sumber daya berbasis bukti favorit Anda yang menawarkan informasi gratis yang dapat digunakan pasien untuk mempelajari lebih lanjut tentang kesehatan mereka. Prognosis, obat-obatan, dan hanya obat-obatan pada umumnya. Libatkan pasien Anda dalam diskusi, terlepas dari kerumitannya. Karena tugas kita sebagai dokter adalah menciptakan lingkungan di mana suara dan pendapat semua orang didengar.

Apa yang Membuat Seorang Dokter Baik?

Sebagian besar dari kita mungkin memiliki pengalaman negatif dengan penyedia layanan kesehatan di beberapa titik waktu: dokter yang mengabaikan kekhawatiran kita, praktisi perawat yang berulang kali berbicara tentang kita, atau—lebih buruk—ahli bedah yang melakukan prosedur yang tidak perlu atau melewatkan tindakan serius. masalah.

Apa kualitas yang membuat seorang dokter yang baik? Tentu saja, pengalaman dan kredensial penting. Anda menginginkan seorang dokter yang lulus dari sekolah kedokteran yang bagus. Yang memiliki reputasi baik di antara rekan-rekannya, dan, lebih disukai, yang memiliki sertifikasi dewan dalam spesialisasi mereka. Anda juga ingin menemukan seseorang yang merupakan bagian dari jaringan paket asuransi Anda untuk menjaga agar biaya tetap terkendali.

Namun, semua kredensial di dunia tidak dapat memberi seorang dokter sikap yang baik di samping tempat tidur atau membuatnya benar-benar peduli dengan pasiennya.

Kepercayaan: Landasan Hubungan Dokter-Pasien

Anda tidak ingin seseorang yang tidak Anda percaya menangani masalah kecil sehari-hari untuk Anda. Apalagi mendiagnosis kondisi kesehatan atau melakukan operasi yang rumit. Kepercayaan adalah dasar dari hubungan apa pun, dan hubungan dokter-pasien tidak terkecuali.

Penelitian telah mengungkap beberapa perilaku dokter tertentu yang paling terkait dengan kepercayaan pasien—di antaranya, kepedulian, kompetensi, dan perhatian. Pasien menginginkan dokter yang meluangkan waktu untuk menjelaskan berbagai hal secara menyeluruh. Yang mengajukan banyak pertanyaan kepada pasien, dan, sebaliknya , yang mendorong pasien untuk mengajukan pertanyaan dan secara proaktif terlibat dalam perawatan mereka.

Penelitian telah menunjukkan bahwa dokter yang menghabiskan waktu mendidik pasien. Yang menggunakan humor dan tertawa dengan pasien mereka. Dan yang mendorong pasien untuk mengungkapkan keprihatinan dan pendapat mereka cenderung tidak dituntut.